Tips memulai bisnis bukan sesuatu yang mudah. Banyak hal harus dipertimbangkan dan dijalankan. Selain keberanian, kiat-kiat berikut ini perlu menjadi perhatian.


1. Jangan berpikir negatif
Cobalah untuk selalu berpikir positif. Jangan penuhi pikiran Anda dengan ketakutan akan kegagalan atau bangkrut. Pikiran negatif Anda takkan membawa Anda kemana-mana.

Lihat sasaran ke depan, jangan hanya melihat bisnis sebagai peluang jangka pendek. Pikirkan kelangsungan bisnis jangka panjang. Tentukan sasaran pencapaian Anda.

3. Pisahkan keuangan pribadi dan bisnis
Bagi para pebisnis pemula terutama anak muda, mencampurkan keuangan seringkali merupakan kesalahan yang terjadi berulang kali. Lebih baik keuangan dipisah apalagi jika bisnis yang mau Anda rintis adalah bisnis kongsi bersama rekan Anda. Selain memudahkan manajemen keuangan Anda, transparansi terjaga, juga menghindarkan pertengkaran dengan rekan Anda.

4. Ikuti passion Anda dan berbagi
Rintislah bisnis yang menjadi passion Anda. Jangan mengikuti arus tren. Kerahkan tenaga dan modal Anda di bidang yang Anda sukai. Untuk awal, jangan berharap profit yang besar. Yang penting berikan yang kualitas yang terbaik bagi pelanggan. Bagi ilmu juga dengan rekan Anda. Dengan berbagi, uang senantiasa mengikuti.

5. Fokus
Jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda capai, fokuslah dengan hal itu. Jangan mudah atau cepat berubah dalam menentukan tujuan dan haluan. Ini akan mempersulit Anda dan mengguncangkan kestabilan bisnis Anda.

6. Jadilah konsultan bisnis bagi diri sendiri
Bisnis yang baru dirintis adalah tempat dan waktu yang tepat untuk belajar dan mencari pengalaman. Jangan buru-buru menyewa konsultan bisnis. Selain, membutuhkan dana, Anda jadi kurang memahami bisnis Anda sendiri.

Jalani dulu jadi konsultan bisnis untuk diri sendiri. Jika bisnis Anda sudah stabil dengan keuangan yang memadai, Anda sudah paham seluk beluk bisnis Anda, dan Anda sudah mulai sibuk untuk menangani semuanya sendiri, baru mulailah cari konsultan bisnis untuk membantu Anda.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

 
Top